header-int

Surat Undangan Yang Benar! Sering Di lupakan Di Era Sekarang!

Rabu, 13 Mar 2024, 11:12:28 WIB - 224 View
Share
Surat Undangan Yang Benar! Sering Di lupakan Di Era Sekarang!

Surat undangan adalah surat yang ditulis untuk mengundang seseorang ke suatu acara tertentu. Ini bisa formal atau informal.

Surat undangan dapat ditulis oleh perorangan atau organisasi. Tujuan dari surat undangan tersebut adalah untuk menyepakati jumlah tempat bagi para tamu beberapa hari sebelum tanggal acara.
Dalam buku Pedoman Korespondensi (1985) yang ditulis oleh Maman Sumantri dan kawan-kawan, surat undangan adalah permohonan untuk hadir pada waktu, tempat, dan acara tertentu.
Undangan biasanya diproduksi dalam jumlah banyak. Proses pembuatannya dapat dilakukan dengan menggunakan stensil. Siapapun yang mengundang Anda cukup menuliskan alamat orang atau institusi yang ingin dituju.

Karena banyaknya jumlah undangan, maka penandatanganan undangan juga dapat dilakukan dengan menggunakan handprint. Dengan cara ini Anda dapat dengan cepat membuat undangan.

Jenis surat undangan

Berdasarkan buku Mail Merge: Solusi Praktis Surat Bisnis (2007) karya A Fauzi, ada tiga jenis surat undangan ditinjau dari fungsinya, yaitu:
Surat undangan pribadi (informal)
Surat undangan pribadi adalah surat undangan untuk menghadiri acara keluarga atau kerabat. Misalnya saja undangan khitanan, ulang tahun, pernikahan dan lain-lain. Surat undangan pribadi, biasanya dengan nama seseorang, berorientasi pada keuntungan.

Surat undangan semi formal

Surat undangan semi formal merupakan undangan atas nama perseorangan yang ditujukan kepada perseorangan, lembaga, atau organisasi. Misalnya ada pertemuan semi formal seperti reuni keluarga, syukuran, pertemuan RT atau pertemuan remaja, dan lain sebagainya.

surat undangan resmi

Surat undangan resmi merupakan undangan antar instansi atau organisasi untuk keperluan resmi. Sifat undangan resmi pada suatu hubungan resmi atau bisnis.

Contoh undangan resmi

Ini adalah surat undangan rapat umum, rapat, acara bisnis, undangan resmi, dll. Berbeda dengan undangan pribadi, surat undangan resmi harus memuat kop surat, nomor surat dan subjek undangan.

Nama organisasi atau orang yang menerima undangan juga harus dicantumkan. Surat undangan resmi harus memuat nama penanggung jawab surat undangan resmi dan kualifikasinya. Hal ini penting karena nama dan lokasi menunjukkan pentingnya pertemuan tersebut.
Selain itu, surat undangan resmi harus memuat stempel atau stempel lembaga yang bersangkutan, tergantung pada jabatan resmi yang disandang pejabat tersebut di lembaga tersebut.

Itulah penjelas secara singkat tentang Surat Undangan, Jika kamu belom tau semoga membantu ya teman-teman.

Unidha STKIP Nasional memiliki legalitas yang sah oleh Kemenristek DIKTI yang telah terakreditasi , dan semua program studi telah terakreditasi BAN-PT dan LAM-Pendidikan. Dengan sarana dan prasarana yang lengkap untuk mendukung seluruh kegiatan perkuliahan dan Tri Dharma Perguruan Tinggi, seluruh dosen telah bergelar Master dan Doktor dari dalam dan luar negeri, yang memiliki kompetensi dan sertifikasi pada bidang ilmu pendidikan
© 2024 Universitas Indonesia Raya Follow Universitas Indonesia Raya : Facebook Twitter Linked Youtube