header-int

Surat Pribadi Yang Benar! Jangan Sampai Salah Saat Membuat!

Selasa, 12 Mar 2024, 13:19:14 WIB - 256 View
Share
Surat Pribadi Yang Benar! Jangan Sampai Salah Saat Membuat!

Halo teman-teman universitas! Surat merupakan sarana komunikasi tertulis yang penting dalam berbagai bidang kehidupan, untuk keperluan pribadi dan profesional. Surat pribadi adalah surat yang biasanya untuk mengirim pesan ke teman ataupun kekeasih. Selain itu, surat resmi/resmi adalah surat yang dikirimkan oleh suatu instansi atau instansi untuk keperluan resmi, seperti surat pengumuman, surat persetujuan, atau surat perintah. Pada artikel kali ini kita akan melihat lebih detail perbedaan dan persamaan surat pribadi dan surat resmi dalam bentuk tulisan. Yuk, terus baca artikelnya!

Perbedaan Surat resmi dan Surat pribadi Yaitu :

1. Kop surat dan nomor surat

Surat pribadi: Tidak mengandung judul huruf atau angka.
Surat Resmi : Siapkan kop surat yang memuat nama lembaga atau lembaga pengirim, nomor surat, dan subjek surat.

2. Surat lamaran

Surat yang tidak perlu awalan atau penutup apalagi sapaan yang seperti surat resmi
Surat Pelayanan: Pembuka surat diawali dengan sapaan formal seperti "Terima kasih" atau "Yang Terhormat Tuan atau Nyonya".

3. Gunakan kata ganti orang

Surat pribadi: Gunakan kata ganti orang pertama seperti “Saya” atau “saya”.
Surat dinas: Gunakan kata ganti orang pertama jamak seperti “kami” atau sapaan hormat seperti “Tuan/Bu” atau “Tuan”.

4. Tanda tangan dan identitas pengirim

Surat pribadi: Tanda tangan merupakan ekspresi pribadi penulis dan tidak perlu mengungkapkan identitas pengirim secara rinci.
Surat pemberitahuan: harus ditandatangani oleh pejabat pengirim surat dan penanggung jawab isinya, serta identitas pengirimnya harus jelas.

5. Bagian dari surat itu

Surat pribadi: isi surat, tujuan surat, pendahuluan, alinea pembuka, alinea utama, alinea penutup, halaman sampul, dan pengirim surat.
Surat Surat : isi kop surat, perihal, nomor, tempat, tanggal surat, isi surat, salam pembuka, alinea pembuka, alinea utama, alinea penutup, salam penutup dan pengirim surat.

Setelah memahami perbedaan surat pribadi dan surat resmi, terlihat jelas bahwa ada beberapa kesamaan susunan kata. Melakukan hal ini:

1. Bahasa yang efektif

Bahasa yang digunakan dalam penulisan surat pribadi dan surat resmi harus efektif, jelas dan lugas. Pesan atau informasi yang ingin disampaikan harus dirumuskan dengan hati-hati dan hormat kepada penerimanya agar tidak terjadi kesalahpahaman.

2. Logika

Dalam menulis surat pribadi dan surat dinas, keduanya harus ditulis secara logis, yaitu harus ada keterkaitan antara bagian, kalimat, alinea, atau alinea yang menunjukkan hubungan antara pikiran penerima surat dengan orang yang menulis. surat.
Teman kuliah: Saat menulis surat pribadi dan resmi, sangat penting untuk memahami perbedaan dan persamaan keduanya. Pemahaman di atas dapat membantu kita menulis surat sesuai kaidah dan menghindari kesalahpahaman antara penulis dan pembaca.
Bagaimana dengan surat pribadi? Kamu mengerti? Saya harap ini membantu, teman saya.

Unidha STKIP Nasional memiliki legalitas yang sah oleh Kemenristek DIKTI yang telah terakreditasi , dan semua program studi telah terakreditasi BAN-PT dan LAM-Pendidikan. Dengan sarana dan prasarana yang lengkap untuk mendukung seluruh kegiatan perkuliahan dan Tri Dharma Perguruan Tinggi, seluruh dosen telah bergelar Master dan Doktor dari dalam dan luar negeri, yang memiliki kompetensi dan sertifikasi pada bidang ilmu pendidikan
© 2024 Universitas Indonesia Raya Follow Universitas Indonesia Raya : Facebook Twitter Linked Youtube