header-int

Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Sakit Yang Kamu Harus Tau! Jangan Sampai Salah!

Jumat, 15 Mar 2024, 11:57:44 WIB - 305 View
Share
Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Sakit Yang Kamu Harus Tau! Jangan Sampai Salah!

Saat anak bersekolah, ibu perlu mengetahui cara menulis surat absensi tidak masuk sekolah. Pasalnya, terkadang anak harus absen dan tidak mengikuti pelajaran. Misalnya saja anak sedang sakit, masalah keluarga yang membutuhkan kehadiran anak dan masalah lain yang tidak terduga.

Surat persetujuan sekolah merupakan surat resmi karena ditujukan kepada pihak yang berwenang. Surat putus sekolah harus ditulis dengan kalimat yang singkat dan jelas untuk membenarkan ketidakhadiran anak di sekolah. Selain itu, surat persetujuan sekolah memiliki format yang berbeda dengan surat resmi lainnya, misalnya tidak memuat judul atau nomor.

Meski terkesan rumit, namun Anda tidak perlu khawatir. Bubun merangkum cara mendapatkan izin sekolah yang benar dengan menggunakan beberapa contoh. Perbaiki saja pernyataan di bawah ini ya, Bu.
Bagaimana cara mendapatkan izin sekolah?

Hal pertama yang perlu Anda ketahui saat mengurus izin sekolah adalah struktur surat yang terdiri dari beberapa bagian. Silakan lihat format di bawah ini untuk menulis surat cuti sekolah untuk anak.

1. Tulis tanggal suratnya.

Yang terpenting adalah mencantumkan tanggal surat itu ditulis. Informasi sementara dapat mencakup kota, tanggal dan tahun izin dikeluarkan. Pastikan juga ayah dan ibu mengetahui tempat penulisan tanggal surat yang benar yaitu di pojok kanan atas.
Contoh: Jakarta, 25 Mei 2023.

2. Menulis kepada orang yang dituju

Karena surat persetujuan sekolah ditujukan kepada sekolah, kepada siapa surat tersebut harus ditulis? Ibu dapat memberikan nama guru anaknya atau kepala sekolah tempat anaknya belajar. Tulis nama dan gelarmu, Bu.
Misalnya:
Kepada guru matematika (sebutkan nama guru yang diinginkan)
Memperbaiki. Pelanggan (tunjukkan nama pelanggan)

3. Salam pembuka

Untuk mengenalkan isi surat, Anda bisa menuliskan pesan perkenalan dengan bahasa yang sopan dan singkat.
Misalnya:
Assalamualaikum M.wb.
Kita semua aman. Saya berharap, Tuan/Nyonya. Profesor itu sehat dan bahagia.
Perkenalkan Saya (Nama Orang Tua/Wali)

4. Isi surat.

Isi surat merupakan hal terpenting dalam penerbitan izin sekolah. Sang ibu mampu menjelaskan mengapa anaknya saat itu tidak bisa bersekolah.
Pastikan bahasa Anda sopan, normal, singkat dan jelas sehingga guru dapat memahami Anda dengan jelas.

5. Salam terakhir

Setelah Anda menjelaskan alasan Anda di badan surat, Anda bisa menuliskan salam terakhir dengan bahasa yang sopan untuk mengakhiri surat.
Misalnya:
Oleh karena itu, surat izin sekolah ditulis ketika guru dapat memahami dan memaklumi ketidakhadiran anak Anda (nama anak) di kelas.
Selamat datang, wr. wb.

6. Tanda tangan (jika diperlukan)

Tambahkan tanda tangan orang tua pada akhir surat untuk menunjukkan bahwa surat tersebut ditulis oleh orang tua atau wali siswa.

7. Hapus nama pengirim.

Terakhir, sebutkan dengan jelas nama orang tua yang menulis dan mengirimkan surat izin sekolah.
Contoh surat izin bolos sekolah karena sakit
Putus sekolah karena demam
[Tempat, tanggal dan tahun]
Memperbaiki. Tuan Nyonya. Guru kelas 7A (nama sekolah)

Assalamualaikum, M.wb.

Saya adalah orang tua/wali dari siswa dari:
Nama depan:
Kelas:
ALAMAT:

Saya ingin menginformasikan bahwa anak saya tidak dapat mengikuti kegiatan pendidikan di sekolah karena demam. Makanya saya minta izin pada anak saya untuk tidak masuk sekolah selama tiga hari.
Saya pikir saya akan menulis surat izin, saya berharap profesor memberi saya izin.
Selamat datang, wr. wb.
TERIMA KASIH


(Nama Orang Tua/Wali)

Itulah Penjelasan dan Contoh dari Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Sakit, Semoga bermanfaat.

Unidha STKIP Nasional memiliki legalitas yang sah oleh Kemenristek DIKTI yang telah terakreditasi , dan semua program studi telah terakreditasi BAN-PT dan LAM-Pendidikan. Dengan sarana dan prasarana yang lengkap untuk mendukung seluruh kegiatan perkuliahan dan Tri Dharma Perguruan Tinggi, seluruh dosen telah bergelar Master dan Doktor dari dalam dan luar negeri, yang memiliki kompetensi dan sertifikasi pada bidang ilmu pendidikan
© 2024 Universitas Indonesia Raya Follow Universitas Indonesia Raya : Facebook Twitter Linked Youtube