header-int

Surat Izin Sakit Sekolah Yang Wajib Kamu Ketahui Sekarang! Yuk Simak Penjelasan Berikut!

Minggu, 10 Mar 2024, 20:02:21 WIB - 339 View
Share
Surat Izin Sakit Sekolah Yang Wajib Kamu Ketahui Sekarang! Yuk Simak Penjelasan Berikut!

Ada kalanya Anda tidak bisa bersekolah. Bisa jadi karena acara keluarga atau karena Anda sedang sakit. Untuk melakukan ini, Anda harus menulis Surat Sakit Dari Sekolah.

Berdasarkan buku Kompetensi Bahasa Bahasa: Buku Ajar Bahasa dan Sastra Indonesia karya Sadikin dan lain-lain, surat kuasa merupakan jenis surat pribadi resmi. Jenis surat ini biasanya tidak memerlukan nomor surat atau lampiran.

Tahukah Anda cara mengisi surat sakit? Jika belum, berikut beberapa contoh surat sakit singkat untuk siswa SD, SMP, dan SMA.

Cara mengisi surat cuti sakit untuk anak sekolah

Sebenarnya, tidak ada aturan khusus dalam menulis surat sakit. Namun, ada beberapa komponen yang setidaknya tidak boleh dicantumkan dalam surat sakit.

Sekali lagi, berdasarkan dokumen “Kemahiran Bahasa Indonesia: Buku Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia”, ada Beberapa hal penting yang harus dicantumkan dalam surat sakit siswa, yaitu:

1. Tempat dan tanggal penulisan surat

Hal pertama dalam surat sakit adalah tempat dan tanggal penulisannya. Lokasi dapat diatur sesuai kota yang Anda masukkan, sedangkan tanggal dapat diatur sesuai waktu Anda menulis surat sakit.

2. Mencapai kelompok sasaran

Pastikan Anda menyatakan dengan jelas kepada siapa surat sakit tersebut ditujukan. Misalnya, penerima surat bisa jadi guru kelas, konselor, atau orang lain.

3. Selamat datang bos

Ada berbagai jenis salam awal dalam surat sakit sekolah. Anda bisa menulis ucapan “Selamat pagi” atau ucapan keagamaan seperti “Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.”

4. Isi surat

Isinya adalah bagian terpenting dari surat sakit. Tuliskan status kesehatan Anda dengan jelas. Anda dapat menuliskan penyakit apa yang Anda derita, kapan Anda sakit, dan kapan Anda berharap untuk sembuh.

5. Salam terakhir

Ucapan terakhir surat sakit biasanya bisa diakhiri dengan kalimat: “Beginilah cara saya menulis surat sakit ini.”

6. Tanda tangan

Menandatangani surat cuti sekolah. Jika surat itu ditulis oleh orang tua atau wali, maka akan ditandatangani oleh mereka.

7. Hapus nama pengirim dari surat tersebut.

Setelah login, jangan lupa mencantumkan nama pengirim dengan jelas.
Contoh surat keterangan sakit untuk anak sekolah
Medan, 21 Agustus 2023
Kepala Sekolah yang terhormat (nomor kelas)


Terima kasih banyak,
Saya orang tua siswa SMP (nomor kelas) (nama sekolah) memberitahukan bahwa (nama siswa) tidak dapat masuk kelas seperti biasanya karena kondisi fisiknya.


Jadi saya menulis surat ini. Terima kasih atas perhatiannya wali kelas (nomor kelas).


Terima kasih banyak,
[Tanda tangan]


(nama pengirim)

Itulah contoh dan langkah-langkah Membuat Surat Izin sakit Sekolah yang akan membantu kamu nanti jika kebingunan saat tidak bisa hadir masuk ke sekolah di karenakan sakit. Semoga bermanfaat Teman-teman.

Unidha STKIP Nasional memiliki legalitas yang sah oleh Kemenristek DIKTI yang telah terakreditasi , dan semua program studi telah terakreditasi BAN-PT dan LAM-Pendidikan. Dengan sarana dan prasarana yang lengkap untuk mendukung seluruh kegiatan perkuliahan dan Tri Dharma Perguruan Tinggi, seluruh dosen telah bergelar Master dan Doktor dari dalam dan luar negeri, yang memiliki kompetensi dan sertifikasi pada bidang ilmu pendidikan
© 2024 Universitas Indonesia Raya Follow Universitas Indonesia Raya : Facebook Twitter Linked Youtube