header-int

Omeprazole Obat Untuk Apa? Simak Penjelasan DI Bawah Ini!

Jumat, 19 Apr 2024, 17:37:26 WIB - 262 View
Share
Omeprazole Obat Untuk Apa? Simak Penjelasan DI Bawah Ini!

Omeprazol

Omeprazole adalah obat yang digunakan untuk mengatasi kelebihan asam lambung dan gejala terkait. Omeprazole umumnya digunakan untuk mengobati penyakit gastroesophageal reflux (GERD), sakit maag (gastritis), atau sakit maag.
Omeprazole mengurangi naiknya asam lambung dengan menghambat pompa proton yang sudah pasti agar asam lambung tidak semakin parah atau semakin banyak. Dengan begitu, obat ini bisa meredakan gejala iritasi lambung seperti mulas, mual, dan perut kembung.
Omeprazole dapat membantu menyembuhkan lambung atau jaringan esofagus yang rusak akibat iritasi akibat terlalu banyak asam lambung. Obat ini juga dapat membuat antibiotik lebih efektif dalam melawan infeksi Helicobacter pylori penyebab sakit maag.

Peringatan sebelum mengonsumsi omeprazol

Jangan menggunakan omeprazole tanpa berkonsultasi dengan dokter jika gejala sakit maag berlangsung lebih dari 3 bulan atau disertai gejala berikut:

kesulitan untuk menelan
Nyeri dada atau mengi
Muntah, sakit perut yang parah.
Muntahannya mengandung darah atau ampas kopi.
Fesesnya berdarah atau berwarna hitam dan encer seperti ter.Diare
Menurunkan berat badan tanpa alasan yang jelas
Ada hal lain yang perlu dipertimbangkan sebelum mengonsumsi omeprazole:
Beritahu dokter Anda tentang riwayat alergi Anda. Omeprazole tidak boleh digunakan oleh orang yang alergi terhadap obat ini atau obat lain dalam kelompok penghambat pompa proton, seperti: B. esomeprazole atau lansoprazole yang alergi. 
Beritahu dokter Anda jika Anda sedang atau sedang menderita penyakit hati, penyakit ginjal, lupus, osteoporosis atau osteopenia, kejang, kekurangan vitamin B12, atau hipomagnesemia.
Tanyakan kepada dokter mengenai penggunaan omeprazole pada orang lanjut usia dan anak-anak untuk mengantisipasi risiko efek samping yang serius.
Beri tahu dokter Anda tentang penggunaan omeprazole jika Anda sedang hamil, berencana hamil, atau menyusui.
Beri tahu dokter Anda jika Anda sedang mengonsumsi obat anti-HIV yang mengandung rilpivirine. Tanyakan juga tentang penggunaan obat lain, termasuk suplemen makanan dan produk herbal, untuk mencegah interaksi obat.
Beri tahu dokter Anda tentang pengobatan omeprazole sebelum menjalani prosedur medis atau bedah apa pun, termasuk endoskopi dan bedah gigi.
Jika Anda mengalami reaksi alergi terhadap obat atau efek samping yang serius setelah menggunakan omeprazole, segera temui dokter.

Terima kasih sudah mau membaca artikel tentang Omeprazole Obat Untuk Apa yang sudah pasti informasi yang saya berikan akan membantu kalian agar tidak salah dalam mengatasi suatu penakit.

Unidha STKIP Nasional memiliki legalitas yang sah oleh Kemenristek DIKTI yang telah terakreditasi , dan semua program studi telah terakreditasi BAN-PT dan LAM-Pendidikan. Dengan sarana dan prasarana yang lengkap untuk mendukung seluruh kegiatan perkuliahan dan Tri Dharma Perguruan Tinggi, seluruh dosen telah bergelar Master dan Doktor dari dalam dan luar negeri, yang memiliki kompetensi dan sertifikasi pada bidang ilmu pendidikan
© 2024 Universitas Indonesia Raya Follow Universitas Indonesia Raya : Facebook Twitter Linked Youtube