header-int

Mefenamic Acid Obat Untuk Apa? Yang Biasa Orang Tidak Tau! Berikut Penjelasanya!

Minggu, 24 Mar 2024, 11:57:00 WIB - 421 View
Share
Mefenamic Acid Obat Untuk Apa? Yang Biasa Orang Tidak Tau! Berikut Penjelasanya!

Pelajari prinsip penggunaan dan manfaat asam mefenamat.

Asam mefenamat merupakan obat yang umumnya dijual bebas di pasaran. Khasiat obat ini adalah meredakan nyeri dan membuat perasaan nyaman. Asam mefenamat, Biasanya di gunakan untuk meredahkan bahkan menyebuhkan sakit gigi, sakit kepala, dan bahkan kram menstruasi. Lalu bagaimana aturan pakai asam mefenamat? Apa kelebihan obat jenis ini?
Umumnya asam mefenamat tersedia dalam bentuk tablet 250 mg, tablet 500 mg, dan sirup. Beberapa merk asam mefenamat tersedia di apotek. Namun, disarankan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi obat jenis tersebut. Dengan cara ini, Anda akan bisa lebih memahami manfaat dan prinsip penggunaan asam mefenamat.

Prinsip kegunaan dan manfaat asam mefenamat.

Manfaat asam mefenamat adalah meredakan nyeri. Hal ini terjadi karena obat ini bekerja dengan cara menghambat enzim yang menghasilkan senyawa penyebab nyeri dan peradangan yang disebut prostaglandin. Meski tersedia secara luas, dokter sebaiknya mengawasi dan merekomendasikan penggunaan asam mefenamat untuk meredakan nyeri.
Aturan pakai obat ini juga sebaiknya Anda ikuti, yakni gunakan sesuai dosis dan dalam jangka waktu tidak terlalu lama. Faktanya, risiko efek samping lebih tinggi jika obat digunakan dalam jangka panjang. Jika asam mefenamat dikonsumsi lebih dari 7 hari, efek samping seperti sakit maag, mual, bahkan diare dapat terjadi.


Dosis selama menggunakan obat ini tergantung pada usia dan kondisi atau gejala tubuh Anda. Asam mefenamat digunakan untuk mengobati nyeri. Pada orang dewasa, dosisnya adalah 500 mg untuk dosis pertama dan kemudian 250 mg setiap 6 jam hingga 7 hari.
Jika kamu membutuhkan produk kesehatan, jangan lupa untuk mengunjungi toko makanan kesehatan Halodoc! Tanpa harus keluar rumah, pesanan Anda akan sampai dalam waktu satu jam. Jika tidak, kami menjamin produk kesehatan Halodoc 100% asli!
Untuk anak di atas 14 tahun, dosis asam mefenamat sebaiknya sesuai anjuran dokter. Dosis obat ini mungkin berbeda dari orang ke orang. Beberapa faktor perlu diperhatikan, mulai dari keadaan tubuh hingga tingkat keparahan gejala dan reaksi tubuh terhadap obat – asam mefenamat.

Untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan, gunakan obat ini sesuai anjuran dokter atau sesuai petunjuk pada kemasan. Asam mefenamat sebaiknya diminum setelah makan untuk menghindari risiko efek samping. Jika Anda mengonsumsi asam mefenamat dalam jangka waktu lama, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Obat ini juga sebaiknya disimpan di tempat sejuk dan kering, jauh dari sinar matahari langsung dan jauh dari jangkauan anak-anak. Saat menggunakan obat ini, sebaiknya selalu pantau kondisi tubuh dan reaksinya. Jika Anda mengalami efek samping yang serius, seperti kesulitan bernapas, muntah darah, atau ada darah pada tinja, segera hentikan penggunaan obat.

Asam mefenamat dapat menyebabkan kantuk, pusing, bahkan gangguan penglihatan. Anda sebaiknya menghindari mengemudi atau mengoperasikan alat berat saat mengonsumsi asam mefenamat.

Jika nyeri berlanjut atau Anda mengalami efek samping serius dari asam mefenamat, segera pergi ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan medis.

Terima kasih sudah mendengar penjelasan aku tentang Mefenamic Acid Obat Untuk Apa yang bisa kamu pahami terlebih dahulu.

Unidha STKIP Nasional memiliki legalitas yang sah oleh Kemenristek DIKTI yang telah terakreditasi , dan semua program studi telah terakreditasi BAN-PT dan LAM-Pendidikan. Dengan sarana dan prasarana yang lengkap untuk mendukung seluruh kegiatan perkuliahan dan Tri Dharma Perguruan Tinggi, seluruh dosen telah bergelar Master dan Doktor dari dalam dan luar negeri, yang memiliki kompetensi dan sertifikasi pada bidang ilmu pendidikan
© 2024 Universitas Indonesia Raya Follow Universitas Indonesia Raya : Facebook Twitter Linked Youtube