header-int

Contoh Surat Resign Yang Pasti kamu Butuhkan!

Minggu, 10 Mar 2024, 21:05:27 WIB - 238 View
Share
Contoh Surat Resign Yang Pasti kamu Butuhkan!

Jika Anda memutuskan untuk meninggalkan posisi Anda saat ini, menyiapkan Surat Pengunduran Diri atau pengunduran diri adalah hal yang paling penting untuk dipersiapkan. Surat tersebut ditujukan kepada manajer dan bagian Sumber Daya Manusia perusahaan sebagai pemberitahuan dan isyarat bahwa Anda berniat meninggalkan pekerjaan Anda.

Ada banyak faktor yang saat ini menyebabkan orang memutuskan untuk meninggalkan pekerjaannya. Hal ini mungkin terjadi karena Anda menerima tawaran yang lebih baik di perusahaan lain, Anda merasa lingkungan kerja Anda beracun, Anda tidak selaras dengan passion Anda, Anda tidak berkembang, atau jarak kantor Anda terlalu jauh. Apa alasannya, Anda perlu menulis surat pengunduran diri.

Pengunduran diri seorang pegawai mengakibatkan terhentinya atau berakhirnya hubungan kerja dengan perusahaan yang bersangkutan. Di sinilah hak dan kewajiban berakhir. Karena menyangkut mobilitas karir, maka surat pengunduran diri ini biasanya harus diserahkan sebelum pemutusan hubungan kerja, yang biasanya terjadi satu bulan sebelum meninggalkan pekerjaan, disebut juga dengan masa pemberitahuan satu bulan.

Surat pemutusan hubungan kerja memiliki tujuan administratif untuk memberi tahu atasan Anda dan departemen Sumber Daya Manusia bahwa Anda telah memutuskan untuk tidak lagi bekerja di perusahaan tersebut.

Ketika surat pemberhentian diberikan kepada atasan atau bagian sumber daya manusia, maka surat tersebut merupakan pemberitahuan bahwa perusahaan harus segera mencari penggantinya. Karena perusahaan membutuhkan waktu untuk mencari karyawan pengganti, maka surat pemutusan hubungan kerja tidak bisa dikirimkan secara tiba-tiba. Penting juga untuk menjaga hubungan baik dengan perusahaan meskipun Anda sudah tidak bersama lagi.
Surat pembatalan atau penghentian harus ditulis dengan baik dan sopan. Hal ini penting untuk menunjukkan bahwa Anda adalah karyawan yang sangat profesional. Selain menciptakan citra positif di tempat kerja lama Anda, ini juga merupakan pola pikir yang harus Anda terapkan sebelum bergabung dengan perusahaan baru.

Sebelum menulis surat pengunduran diri Anda, persiapkan hal-hal berikut:

1. Tulis surat lamaran

Jangan lupa untuk meninggalkan kesan yang baik pada perusahaan. Caranya bisa dengan menulis surat pengunduran diri yang baik dan sopan. Oleh karena itu, gunakan kata-kata yang tepat saat menulis surat pengunduran diri Anda sebelum diserahkan kepada atasan dan HR.

2. Cari waktu yang tepat untuk bertemu atasan

Diskusikan niat Anda untuk keluar secara baik-baik dengan manajer Anda. Memang tidak mudah, namun Anda bisa mengatasinya dengan mencari waktu yang tepat untuk bertemu dengan atasan Anda. Cobalah untuk mencari waktu ketika pemimpin Anda sedang tidak sibuk, ketika dia sedang bahagia atau dalam suasana hati yang baik, atau ketika dia tidak ada janji dengan siapa pun.
Cara lain untuk melakukannya adalah dengan membuat janji terlebih dahulu melalui email atau telepon. Jika saatnya tiba, Anda bisa menjelaskan kepada atasan Anda alasan mengundurkan diri.Mengenai peraturan pemerintah, sebaiknya berikan pemberitahuan satu bulan sebelumnya sebelum meninggalkan perusahaan lama Anda.

3. Periksa kontraknya

Sebelum mengundurkan diri, tinjau kembali kontrak yang Anda tandatangani di awal hubungan kerja Anda. Hal ini berguna untuk menentukan apakah ada penalti jika membatalkan sebelum kontrak berakhir.
Jika Anda membatalkan kontrak sebelum kontrak berakhir, biasanya Anda akan diancam dengan pembayaran sebagai pengganti upah untuk jangka waktu tertentu atau setara dengan upah untuk sisa jangka waktu kontrak.

4. Konsultasikan kebijakan pembatalan

Setiap perusahaan memiliki kebijakan pembatalan yang berbeda, termasuk periode pemberitahuannya. Bahkan ada yang memberikan pemberitahuan dua bulan sebelumnya. Cari tahu informasi sebanyak-banyaknya sebelum meninggalkan tempat kerja.


Contoh surat pengunduran diri

1. Contoh surat pengunduran diri sederhana

Jakarta, 29 Agustus 2022
Sayang,
Manajer HRD (perusahaan Anda) / (nama atasan langsung dan jabatan Anda)
di (kantor pusat perusahaan Anda)
Salam,
Melalui surat ini, saya ingin mengajukan permohonan pengunduran diri dari (masukkan posisi Anda) di (masukkan nama perusahaan) atas nama (nama Anda).
Saya mengundurkan diri karena saya ingin memulai bisnis saya sendiri. Melalui surat ini saya juga ingin memberitahukan bahwa hari ini adalah hari terakhir saya bekerja (masukkan tanggal).
Saya ingin mengucapkan terima kasih atas kesempatan kerja yang telah Anda berikan kepada saya selama 5 tahun ini. Saya mohon maaf jika banyak kesalahan dalam pekerjaan saya yang mengganggu perusahaan
Itulah Langkah-langkah atau Contoh Surat Resign, Yang nantinya pasti kamu butuhin. semoga bermanfaat ya teman-teman.

Unidha STKIP Nasional memiliki legalitas yang sah oleh Kemenristek DIKTI yang telah terakreditasi , dan semua program studi telah terakreditasi BAN-PT dan LAM-Pendidikan. Dengan sarana dan prasarana yang lengkap untuk mendukung seluruh kegiatan perkuliahan dan Tri Dharma Perguruan Tinggi, seluruh dosen telah bergelar Master dan Doktor dari dalam dan luar negeri, yang memiliki kompetensi dan sertifikasi pada bidang ilmu pendidikan
© 2024 Universitas Indonesia Raya Follow Universitas Indonesia Raya : Facebook Twitter Linked Youtube