header-int

Cefixime Trihydrate 100 Mg Obat Apa? Kamu Harus Simak Penjelasan Di Bawah Ini!

Kamis, 21 Mar 2024, 13:00:41 WIB - 445 View
Share
Cefixime Trihydrate 100 Mg Obat Apa? Kamu Harus Simak Penjelasan Di Bawah Ini!

Cefixime adalah antibiotik yang digunakan untuk mengobati berbagai infeksi bakteri. Jenis infeksi bakteri yang dapat diobati dengan cefixime antara lain infeksi saluran pernafasan, infeksi tenggorokan dan amandel, infeksi telinga, infeksi saluran kemih, dan infeksi menular seksual.
Cefixime termasuk dalam kelompok antibiotik sefalosporin generasi ketiga. Cefixime bekerja dengan menghambat pembentukan dinding sel bakteri yang diperlukan untuk kelangsungan hidup. Hal ini mengurangi jumlah bakteri dalam tubuh dan memungkinkan sistem kekebalan tubuh melawan infeksi sepenuhnya.

Mohon diperhatikan: Cefixime tidak dapat digunakan untuk mengobati infeksi yang disebabkan oleh virus seperti influenza dan COVID-19.
Merk Cefixime : Bexifim, Cefarox, Cefixime trihidrat, Ceptik, Fixiphar, Helixim, Inbacef, Lanfix, Nixaven, Simcef, Simfix, Sporetik, Starcef, Taxime, Trixim, Pharmafix, Profim.
Peringatan sebelum mengonsumsi Cefixime
Cefixime hanya boleh digunakan dengan resep dokter. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan

sebelum mengonsumsi cefixime

Beritahu dokter jika Anda alergi terhadap penisilin atau antibiotik sefalosporin lainnya.
Beritahu dokter Anda jika Anda menderita atau menderita penyakit ginjal atau radang usus besar.
Beritahu dokter jika Anda berencana menerima vaksin bakteri hidup, seperti vaksin tifoid, saat mengonsumsi cefixime.
Disarankan jika anda adalah seorang ibu yang hamil atau sedang menyusui jangan lupa beri tau ke ahli medis atau tempat membeli obat.
Jika Anda hamil dan menggunakan pil KB, beri tahu dokter Anda.
Jika Anda sedang menjalani pengobatan dengan cefixime, beri tahu dokter Anda jika Anda berencana menjalani prosedur medis atau pembedahan, termasuk prosedur gigi.
Beri tahu dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat lain, termasuk suplemen atau produk herbal, untuk mengantisipasi kemungkinan interaksi obat.
Jika Anda mengalami reaksi alergi obat atau efek samping serius setelah penggunaan cefixime, segera konsultasikan ke dokter.

Kemudian gunakan cefixime dengan dosis yang tepat.

Dosis cefixime mungkin berbeda-beda pada setiap pasien. Dokter Anda akan meresepkan dosis berdasarkan kondisi Anda, tingkat keparahan infeksi, usia Anda, dan berat badan Anda. Berikut rincian umum mengenai dosis cefixime:

Kondisi: gonore tanpa komplikasi.
Dewasa: 400 mg dalam dosis tunggal.
Kondisi : infeksi saluran pernafasan atas, infeksi saluran pernafasan bawah, dan kemudian infeksi saluran kemih.

Dewasa dan anak di atas 10 tahun dan berat badan >50 kg: 200 hingga 400 mg dibagi dalam 1 atau 2 rejimen dosis. Durasi pengobatan 7-14 hari.
Anak-anak 6 bulan hingga 10 tahun dengan berat badan <50 kg: 8 mg/kg berat badan setiap hari. Durasi pengobatan 7-14 hari.
Penyakit : Infeksi telinga tengah (otitis media) yang disebabkan oleh bakteri Haemophilus influenzae, Moraxella catarrhalis atau Streptococcus pyogenes.
Dewasa dan anak > 12 tahun dan berat badan > 45 kg: 400 mg sebagai dosis tunggal atau 200 mg setiap 12 jam. Durasi pengobatan 10 hari.
Anak-anak 6 bulan hingga 12 tahun dengan berat badan ≤ 45 kg: 8 mg/kg berat badan setiap hari dalam 1 atau 2 dosis terbagi dengan interval antar dosis 12 jam. Durasi pengobatan 10 hari.

Cara menggunakan Cefixime yang benar

Gunakan cefixime sesuai anjuran dokter dan pastikan membaca informasi pada kemasan obat. Jangan menambah atau mengurangi dosis atau menggunakan obat lebih lama dari yang dianjurkan.
Cefixime dapat dikonsumsi dengan atau tanpa makanan. Jika terjadi efek samping seperti mual atau sakit perut, cefixime sebaiknya dikonsumsi bersama makanan atau susu. Pil, tablet atau kapsul cefixime harus ditelan utuh. 

Jika Anda diberi resep sirup kering cefixime, tambahkan air sesuai petunjuk kemasan. Kocok botol setiap kali hingga obat tercampur rata. Gunakan gelas takar yang disertakan dalam kemasan untuk mengonsumsi porsi yang benar.

Agar pengobatan efektif, cefixime harus digunakan secara rutin dan pada waktu yang sama setiap hari. Pastikan untuk memberikan waktu yang cukup di antara dosis. Anda tidak boleh menghentikan pengobatan sebelum waktunya, meskipun Anda tidak lagi merasakan ketidaknyamanan.
Jika Anda lupa mengonsumsi cefixime, segera konsumsi begitu Anda ingat. Namun, jika jadwal dosis berikutnya sudah hampir tiba, lewati dosis yang terlewat dan jangan menggandakan dosis berikutnya.
Simpan cefixime di tempat sejuk dan kering.

Terima kasih sudah mau mendengarkan penjelasan ku tentang Cefixime Trihydrate 100 Mg Obat Apa yang memang harus kamu ketahui dulu sebelum mengkonsumsi obat ini.

Unidha STKIP Nasional memiliki legalitas yang sah oleh Kemenristek DIKTI yang telah terakreditasi , dan semua program studi telah terakreditasi BAN-PT dan LAM-Pendidikan. Dengan sarana dan prasarana yang lengkap untuk mendukung seluruh kegiatan perkuliahan dan Tri Dharma Perguruan Tinggi, seluruh dosen telah bergelar Master dan Doktor dari dalam dan luar negeri, yang memiliki kompetensi dan sertifikasi pada bidang ilmu pendidikan
© 2024 Universitas Indonesia Raya Follow Universitas Indonesia Raya : Facebook Twitter Linked Youtube